Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Hal Penting Yang Berkaitan Dengan Proses Ekspor dan Impor


Belanja di negara sendiri dengan belanja barang dari luar negeri terbilang dua hal yang berbeda, walaupun kedua aktivitas itu mempunyai substansi yang sama, ialah membeli. Salah satu sebabnya, tiap negeri nyatanya mempunyai regulasi yang berbeda perihal mendatangkan barang dari negara luar.

Untuk industri besar, kegiatan mengimpor barang seakan jadi kewajiban. Umumnya, mekanisme ini terpaut dengan bahan baku yang memanglah cuma terdapat di negara tertentu, ataupun terpaut biayanya yang lebih murah. Dengan demikian, impor barang seakan jadi kegiatan yang rutin dilakukan.

Untuk kamu yang mempunyai industri yang memerlukan bahan baku dari luar, atau kamu yang mau melaksanakan impor barang, paling tidak beberapa poin mendasar ini perlu kamu perhatikan: 

Memastikan barang serta asal negara
Penting untuk kamu perhatikan trkait mengenali kode HS, ialah suatu pengkodean barang impor yang tertera di BTKI, tahun 2012. Kamu dapat melaksanakan langkah-langkah tuk memastikan kode HS, antara lain:

  • Menghitung bayaran bea masuk, PPN, serta biaya PPH
  • Minimalisir permasalahan pengeluaran barang
  • Tuntaskan perijinan barang saat sebelum melaksanakan importir

Memastikan mekanisme penyerahan barang
Pada tahan ini, ada suatu tanggung jawab yang dipegang oleh importir guna mengurus barang yang hendak dibelinya. Sebenarnya pola ini dapat dicoba berunding dengan seller. Tetapi, secara general, ada bayaran bonus yang butuh ditanggung oleh pihak importir.

Sebagai contoh kasus, kala kamu membeli suatu barang dari Australia, sejatinya kamu berkewajiban tuk melaksanakan tata pengurusan bagaimana barang itu nantinya akan dimuat di pelabuhan terdekat dari barang. Bukan cuma itu, kamu juga butuh mengurus bea masuk, PPH serta PPN, dan ongkos ekspedisi yang berlaku. 

Mengurus Proses Ijin
Secara garis besar, perizinan impor dapat dipecah jadi 2 poin, yaitu pokok dan khusus. Perijinan pokok meliputi; Angka Pengenal Impor yang biasa disebut API, legalitas suatu usaha semacam PT serta CV, sampai NIK kepabeanan.

Ada pula perijinan secara khusus, perihal ini berhubungan dengan tipe barang tertentu yang hendak diimpor. Umumnya perihal ini terpaut dengan beberapa barang ataupun komoditi yang dibatasi tuk dilakukan pegiriman. 

Tentukan transporter
Pihak pengimpor barang wajib memilih dengan cermat pihak yang sediakan jasa impor-ekspor barang. Nah, sebagai salah satu jasa paling rekomended, Kilo. id akan jadi partner impor ataupun ekspor barang kamu. Jasa ini telah berpengalaman bagaikan ekspedisi internasional semenjak dahulu kala. Kamu bisa kirim barang ke Australia ataupun mendatangkan barang dari sana. 

Memastikan Penjadwalan
Mengatur penjadwalan merupakan suatu tahap yang krusial. Misalnya kamu mau kirim barang dari Australia ke Indonesia. Sebagai seseorang pengimpor, kamu wajib mengenali prosesnya secara perinci. Kapan barang mulai dikirim, berapa lama proses pengecekan, waktu pengiriman, sehingga dapat mengkalkulasi kapan datang di tempat kamu. Jangan sampai kamu galat dalam menganalisanya, sebab itu dapat saja membuat kamu rugi.

Posting Komentar

0 Komentar