Tidak Boleh Sembarangan, Berikut Kriteria Ideal Memilih Domain Web


Sebelum kamu memutuskan untuk membeli domain website, maka penting kiranya bagimu untuk mempertimbangkan hal yang menyangkut domain website kedepannya. Sebut saja misalnya konten web yang akan dipilih, sasaran viewers, dan lain sebagainya. Tapi sebelum itu, tentu saja kamu perlu menentukan domain yang ideal untuk konstruksi website kamu.

Tahukah kamu, bahwa domain sebuah website terbilang penting sebagai kesan pertama. Bahkan bisa disebut, nama tersebut mempengaruhi pengunjung memutuskan melihat atau mengabaikannya. Saya pribadi, kalau mau mengunjungi website pilih-pilih. Misalnya saya ingin melihat berita tentang kesehatan, eh ternyata website yang memiliki informasinya masih domain gratisan, ah batal dah saya buka.

Menentukan sebuah nama domain website, itu dianalogikan seperti kamu menentukan sebuah nama perusahaan. Hal mana, nama perusahaan bisa menjadi daya tarik seseorang, termasuk mengingatnya dalam keseharian. Maka, sebaiknya kamu menyesuaikan domain yang akan dibeli dengan isi atau konten website.

Misalnya, kamu ingin membuat website tentang pendidikan, maka sebaiknya website kamu berkaitan dengan itu. Sebut saja kosa kata seperti edukasi, sapaguru, bukupintar, yang kemudian kamu tinggal memilih eksistensi seperti .com, .id atau yang lain. Dengan demikian, domain website kamu menjadi selaran, pun akan menjadi dipercaya oleh pengunjung.

Ambil Promo Domain
Nah sobat, sebelum menjelaskan perihal kriteria ideal dalam memilih domain, satu informasi penting buat kamu ialah, manfaatkan adanya promo domain. Tentu, dengan adanya promo domain, budget pengeluaran kamu untuk membeli domain jadi terkendali.

Nah perlu kamu ketahui, sekarang Domainesia sebagai penyedia domain terbaik sedang mengadakan promo domain .com loh. Ini kesempatan emas buat kamu yang dalam waktu dekat ingin merancang sebuah website profesional dengan domain TLD.

Untuk promo .com kali ini, di Domainesia hanya seharga 90 ribuan saja. Wow itu super murah dibandingkan harga di provider domain lain. Maka, jangan sampai ketinggalan kesempatan mendapatkan domain TLD dengan harga yang sangat terjangkau ini. 

Kriteria Ideal Memilih Domain
Nah, berikutnya saya akan memaparkan sebuah tips yang menjabarkan seputar kriteria yang ideal ketika kamu ingin membeli sebuah domain. Baca sampai akhir ya! 

Nama Domain Singkat
Upayakan, tatkala kamu menentukan sebuah domain, pastikan domain itu singkat dan jelas. Apa sebab? Tentu, dengan domain singkat, hal ini memudahkan pengunjung mengingat domain kamu, mungkin sewaktu-waktu ingin mengunjunginya kembali. Selain itu, domain singkat dapat mengurangi potensi salah ketik.

Sebagaimana yang saya singgung sebelumnya, singkatnya nama domain perlu dikaitkan dengan konten website. Apabila kamu ingin merancang website untuk konten seputar dunia pendidikan, maka domain yang tepat ialah berkaitan dengan pendidikan pula. 

Hindari Tanda Hubung
Apabila kamu memiliki niat membeli domain dengan karakter angka didalamnya, maka pikirkanlah ulang. Karena, banyak blogger yang menilai, bahwa adanya angka berpotensi mengurangi peforma suatu website. Misalnya, mengubah kosa kata sekolah menjadi s3kol4h. 

Selain angka, sebisa mungkin kamu tidak menggunakan tanda baca atau tanda hubung di domain kamu. Misalnya, edukasi menjadi edu-kasi. Terkadang, beberapa pengunjung mengingat domain dalam bentuk kosa kata sempurna. Khawatirnya, ketika ditambahkan tanda baca, website tidak bisa diakses karena adanya kesalahan penulisan. Dan tentu saja, ini sangat berpengaruh terhadap trafik website kamu. 

Memilih Eksistensi yang Sesuai
Jika domain merupakan identitas utama, maka domain tersebut akan dilengkapi dengan identitas akhir atau yang disebut dengan eksistensi. Nah, ketika kamu akan membeli domain, pastikan kamu membeli eksistensi yang tepat sesuai konten atau tujuan website kamu. Misalnya, kamu ingin membuat sebuah website sekolah, maka eksistensi yang ideal ialah .sch.id. Begitu kamu ingin membuat website komersil, maka kamu bisa membeli eksistensi .com di Domainesia. 

Cek Spam Score
Kriteria ideal dalam menentukan sebuah domain website yang terakhir ialah memastikan spam score domain tersebut 0 (nol). Mengapa? Karena spam score tinggi dapat mengurangi kepercayaan mesin pencari bahkan pengunjung. Apalagi jika website kamu termasuk web untuk kerjasama backlink, yang kabarnya spam score 3 saja sudah mengurangi kepercayaan sponsor.

Tapi saya kan membeli domain baru, bukankah spam score pasti 0? Siapa sih yang bisa menebak, bahwa domain yang akan kamu beli, nyatanya sudah pernah digunakan oleh seseorang sebelumnya. Lalu domain tersebut expirred, dan kamu beli. Maka itu sangat beresiko.

Nah, sebelum membeli promo domain .com di Domainesia, kamu bisa memastikan ulang bahwa domain tersebut benar-benar fresh, seandainya domain hasil expirred, pastikan spam scorenya 0 agar peforma website kamu tidak terkendala. Nah, kamu bisa melakukan pengecekan spam score di beberapa platform moz di internet. Ada banyak kok.
Sobat, itulah kriteria ideal dalam memilih domain website, pastikan kamu menerapkan pola ini secara lengkap untuk mendapatkan domain yang sempurna. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Tidak Boleh Sembarangan, Berikut Kriteria Ideal Memilih Domain Web"