Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Panduan Lengkap Cara Membuat Website dengan Wordpress

cara membuat website dengan wordpress

Rahmania.my.id - Di era teknologi serba canggih ini, setiap dari kita dituntut untuk upgrade dan melek teknologi agar tidak menjadi manusia yang tertinggal oleh zaman. Salah satu alasan yang paling logis, ketika kita melek teknologi dan informasi, maka kita tetap bisa aktif dan eksis meski terpisah oleh jarak, waktu, bahkan kepada mereka yang tidak mengenal kita sekalipun. Singkatnya, dengan teknologi terbaru, kita bisa berekspresi secara totalitas tanpa batas. 

Salah satu upaya agar kita tetap bisa berekspresi dan eksis, ialah dengan memiliki sebuah website. Apa pentingnya? Sobat, dengan sebuah website, kita bisa mewujudkan apa saja yang kita inginkan, apapun itu. Menulis, mengabadikan momen, bisnis online, memprofilkan diri, hingga mendapatkan pundi-pundi rupiah, semua bisa kita dapatkan dengan sebuah website. 

Dengan demikian, sebagai makhluk yang dinamis dan terus bergerak, kita mesti tahu bagaimana cara membuat website sesuai dengan apa yang kita inginkan dan butuhkan. Nah sobat, pada artikel kali ini, saya akan berikan sebuah panduan lengkap cara membuat website dengan Wordpress

Tetang saja, panduan atau tutorial dari saya tidak sebatas teori. Dengan kata lain, sangat sederhana dan mudah diaplikasikan. Yukk langsung saja, simak panduan lengkapnya berikut ini ya, Sobat! 

Mengapa Harus Wordpress?

Perlu diketahui, selain Wordpress ada banyak sekali platform atau CMS yang bisa kita gunakan untuk membuat website. Hanya saja, di Indonesia, CMS yang paling populer atau banyak dipakai, ialah Wordpress dan Blogspot. 

Sebagai orang yang cukup lama bergelut di dunia pembuatan website, saya sudah mencoba banyak sekali CMS. Hingga saya tiba pada suatu kesimpulan, CMS terbaik yang bisa kita gunakan untuk membuat website adalah Wordpress. 

Dengan Wordpress, kita bisa mendapatkan banyak sekali fitur (plugin) yang bisa kita sematkan di website kita sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, cara membuat website dengan Wordpress juga sangat mudah, bahkan kita tidak perlu memahami bahasa pemrograman atau HTML untuk bisa membuat website secara mandiri. 

Cara Membuat Website dengan Wordpress

Baik sobat, sebelum masuk pada pembahasan, pertama kali yang perlu kita tentukan saat akan membuat website, adalah menetapkan tujuan, akan kita gunakan untuk apa website itu? Jika poin ini sudah, maka berikutnya kita bisa membuat website dengan tepat. 

1. Tentukan nama domain dan ekstensinya

Sobat, tahap awal yang perlu kita lakukan saat akan membuat website tidak lain ialah menentukan nama domain dan ekstensinya. Apa itu? Secara sederhana, domain bisa dianalogikan sebagai alamat rumah, sedangkan ekstensi adalah RT-nya. 

Sebagai contoh website saya ini, yang sedang Sobat baca sekarang. Website ini memiliki URL rahmania.my.id, dengan rincian ‘rahmania’ adalah nama domain, dan ‘my.id’ adalah ekstensinya. Secara kegunaan, ketika Sobat menuliskan rahmania.my.id di kolom URL browser, maka Sobat akan diarahkan ke website saya ini karena telah mengakses menggunakan nama domain tersebut. 

Nah sobat, cara membuat website dengan Wordpress tahap pertama ini termasuk penting, karena menurut pengalaman pribadi, nama domain sangat berpengaruh terhadap identitas dan kinerja website. Dengan demikian, pastikan Sobat mengikuti tipsnya berikut ini ya: 

  • Gunakan nama domain sesuai dengan niche atau jenis website. Misalnya, kita ingin membuat website untuk jualan online, maka kita bisa memilih nama domain yang berkaitan dengan itu. Contoh: tokorahmaia.com atau tokorahmania.store.

  • Pastikan nama domain yang akan kita beli statusnya ‘tersedia’ untuk dibeli. Sobat bisa mengakses https://www.niagahoster.co.id/domain-murah untuk mengetahui status ketersediaan domain, sekaligus bisa membelinya langsung di Niagahoster sebagai penyedia domain dan layanan hosting paling rekomended.

  • Perlu diketahui, jika nama domain bisa kita tentukan sesuka hati, maka tidak untuk ekstensi domainnya. Sebaiknya, kita benar-benar sesuaikan dengan niche atau jenis website, beberapa diantaranya .net untuk jaringan, .sch.id untuk sekolahan, .or.id untuk organisasi, .com untuk komersil paling populer, dan masih banyak lagi ekstensi lainnya. 
 

2. Beli hosting di penyedia yang profesional

Cara membuat website dengan Wordpress berikutnya ialah menentukan dan memilih penyedia layanan hosting terbaik dan profesional. Nah sobat, jika domain dianalogikan seperti alamat rumah, maka hosting bisa kita sebut sebagai rumah itu sendiri. Di rumah itulah, website kita akan tinggal dan menghuninya. 

Dari banyak penyedia layanan hosting, Niagahoster bisa menjadi pilihan terbaik sebagai penyedia yang profesional dan handal. Di sana, kita bisa membeli domain, sekaligus hosting yang beragam sesuai kebutuhan websitenya. Kita bisa memilih shared hosting, cloud hosting, atau Wordpress hosting sebagai rumah untuk website kita nantinya. 

Mengapa harus Niagahoster? Saat instalasi, pengembangan, hingga perawatan website, terkadang ada saja kendala yang dihadapi. Nah di Niagahoster, kendala itu tidak akan menjadi masalah serius karena kita bisa mendapatkan solusinya secara cepat, baik dengan fitur chat admin atau open ticket. Fitur ini tentu sangat solutif, apalagi bagi kita yang mungkin masih awam di dunia pembuatan website. 

Selain itu, cara membuat website dengan Wordpress akan lebih asyik karena harga hosting dari Niagahoster sangat terjangkau dibandingkan penyedia lainnya. Eidth, meski harga yang terjangkau, bisa saya pastikan untuk profesionalitas, kecepatan, dan kualitas Niagahoster rajanya. 

3. Install Wordpress di cPanel

Sobat yang baik hati, cara membuat website dengan Wordpress berikutnya ialah kita instalasi Wordpress melalui cPanel. Caranya, kita bisa login ke akun hosting yang sudah dibeli, kemudian cari menu Softaculous App Installer. Pada menu Softaculous, kita akan disuguhkan dengan beberapa pilihan seperti Wordpress, Joomla, Dolphin, dan lain sebagainya. Silahkan pilih Wordpress. 

Tampilan instalasi Wordpress

Langkah berikutnya setelah kita memilih Wordpress pada Softaculous: 

  • Klik menu Install Now

  • Pilih domain yang ingin kita install Wordpress. Oh ya, untuk tulisan ‘wp’ di kolom in Directory, bisa dihapus saja. *Lihat gambar di atas!

  • Tentukan nama website beserta deskripsi website yang akan kita buat ya. Pastikan deskripsinya ringkas, namun sudah mencerminkan website kita.

  • Langkah terakhir untuk instalasi, kita bisa mengatur akun admin yang nantinya akan kita gunakan untuk login dan mengakses website kita. Jika sudah, klik Install.

  • Informasi penting! Biasanya, setelah kita setelah melakukan instalasi, website kita tidak langsung aktif dan bisa diakses, karena masih memutuhkan waktu propagasi atau resolve. Tunggulah beberapa menit hingga website kita sudah bisa diakses sesuai dengan nama domainnya. 
 

4. Tentukan Tema dan Plugin yang diinginkan

Sobat, kini kita sudah tiba pada cara membuat website dengan Wordpress tahap keempat. Pada tahap ini, sesudah Wordpress terinstall dan domain kita sudah bisa diakses, berikutnya kita tinggal mengatur tampilan, menu, dan fitur yang ingin kita sematkan di website kita.

Tampilan Dasbor Wordpress

Gambar di atas merupakan Dasbor, untuk bisa masuk ke sana kita bisa login menggunakan akses admin yang sudah kita buat saat instalasi. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menambahkan /wp-admin di belakang domain kita. Jika dengan contoh di atas, sesuai instalasi, maka kita bisa login ke Dasbor dengan mengakses URL cerdasiana.my.id/wp-admin.  

Baik sobat, kembali lagi ke gambar di atas, saya akan jelaskan lebih rincinya: 

  • Pos. Menu yang bisa kita gunakan untuk memposting atau publish konten ke website kita. Konten itu bisa berupa tulisan, foto, video, dan lainnya.

  • Media. Menu yang bisa kita pilih untuk mengupload media seperti foto, video, dokumen, dan lain sebagainya.

  • Laman. Hampir mirip seperti menu Pos, hanya saja konten yang diterbitkan melalui menu Laman tidak akan muncul di preview Beranda website, kecuali ditambahkan akses link.

  • Komentar. Menu untuk mengatur komentar-komentar yang antri atau sudah tayang di website kita.

  • Tampilan. Gunakan dan optimalkan menu ini untuk memilih dan mendesain tampilan website agar lebih menarik, sehingga pengunjung website kita menjadi nyaman. Ada banyak template yang bisa kita pasang, baik itu berbayar maupun secara cuma-cuma. Selain template, kita juga bisa mengatur menu, widget, dan menyesuaikan beberapa hal lainnya.

  • Plugin. Kita bisa menambahkan fitur yang lebih spesifik sesuai kebutuhan kita dengan menambahkan plugin. Kalau saya pribadi untuk website berita dan review, saya biasanya menambahkan plugin Yoast SEO. Nah, silahkan sobat sesuaikan plugin sesuai kebutuhan ya!

  • Pengaturan. Berisikan pengaturan-pengaturan yang bisa kita sesuaikan untuk kenyamanan kita maupun mereka yang mengunjungi website kita. 
 

5. Optimasi SEO

Nah sobat, sesudah kita mengikuti empat langkah sebelumnya, maka kita sejatinya sudah memiliki website dengan Wordpress sebagai CMS nya. Namun, agar website kita lebih OKE, maka cara membuat website dengan Wordpress tahap final adalah melakukan optimasi website. 

Mengoptimasi yang saya maksud adalah Optimasi SEO, yaitu bagaimana caranya website kita bisa dengan mudah diakses oleh banyak orang. Bagi kita yang ingin membuat website dengan tujuan adsense atau jualan online, tentu optimasi ini menjadi sangat wajib dilakukan. 

Beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai optimasi SEO agar website kita diakses oleh banyak orang melalui mesin pencari, ialah dengan cara mendaftarkannya ke Google Webmaster, Bing Index, hingga Yahoo Index. Sebagai pelengkap, kita bisa belajar teknik penulisan SEO yang benar agar website kita bisa bertengger di halaman pertama mesin pencari. 

Nah sobat Rahmania, demikianlah artikel seputar panduan cara membuat website dengan Wordpress yang bisa kita lakukan secara mandiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berkreasi.

Posting Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Membuat Website dengan Wordpress"