Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Membangun Rumah Tangga Harmonis Sepanjang Masa

Tips Membangun Rumah Tangga Harmonis Sepanjang Masa

Rahmania - Beberapa orang bersikeras, bahwa membangun rumah tangga yang harmonis itu sulit sekali. Eh, sedikit banyak alasan ini turut mempengaruhi mengapa orang tak kunjung menikah. Bahkan, banyak orang yang lama melajang dengan dalih ingin mematangkan segala persiapan rumah tangga yang dibutuhan. 

Sebenarnya, membangun rumah tangga yang harmonis, itu mudah sekali kok. Kita hanya perlu ‘kesiapan’ untuk belajar. Belajar dalam hal apa? Simpel, yaitu bagaimana kita bisa memanusiakan manusia, mengistrikan istri dan menyuamikan suami? 

Eh, paham belum? Intinya sih, kita perlu memperlakukan pasangan kita dengan selayaknya. Dan secara lebih lengkapnya, berikut ini tips yang bisa coba kita jalankan ya! 

7 Tips Rumah Tangga Harmonis

Uraian di atas hanyalah selayang pkitang, yang hendak membangun mindset bahwa rumah tangga harmonis itu sangat bisa tuk diwujudkan. Nah, untuk cara mewujudkannya, berikut ini tipsnya. 

1. Jangan pensiun berbuat romantis

Kerapkali, rumah tangga kehilangan harmonisme karena kita berhenti berlaku romantis. Padahal, umumnya ketika seseorang sedang ta’aruf atau proses menuju pernikahan, romantisme pastinya sangat ditonjolkan. 

Sayangnya, romantisme itu tidak selalu bertahan lama, bahkan sering pensiun pasca pernikahan. Aih, agar hubungan harmonis, seharusnya setiap pasangan justru semakin romantis. 

Cobalah, mungkin dengan melakukan hal simpel, misal membelikan es krim, saling pijit, atau sekedar duduk berdua di teras rumah memkitangi bunga bermekaran di taman yang didesain keren oleh jasa tukang taman Jakarta. Ohh pasti itu romantis sekali, bukan? 

2. Mengedepankan sikap saling terbuka

Buang jauh-jauh sikap menutup diri dari pasangan, karena sejatinya pasangan kita adalah baju kita. Saling terbukalah, tak perlu menyembunyikan sesuatu, dengan itu kepercayaan akan terpupuk dengan baik, yang tentu membawa dampak baik untuk harmonisme rumah tangga. 

3. Jangan bosan mendengarkan

Sungguh kawan, jangan bosa menjadi pendengar yang baik bagi pasangan kita. Setiap masalah, cerita, pendapat yang diutarakan, dengarkan baik-baik. Meski kadang tidak setuju, jangan bikin sakit hati pasangan dengan sifat enggan mendengarkan. Karena, kita cukup bilang ‘Ya’ saja, pasangan kita pasti akan merasa dihargai dengan ceritanya. 

4. Mengambil keputusan bersama

Sobat, ingatlah nasihat ini baik-baik, bahwa rumah tangga yang baik itu bukan ‘berpikir sama’ tetapi ‘berpikir bersama’. Artinya, masing-masing tidak harus satu pendapat, tetapi cobalah tuk mencari pendapat bersama-sama. Dengan demikian, keputusan diambil berdasarkan pemikiran bersama, bukan pribadi. 

5. Ringankan hati tuk mengucapkan 3 kata

Kawan, tiga kata yang perlu diringankan oleh setiap dari kita adalah maaf, tolong, dan terima kasih. Minta maaflah jika salah, ucaplah tolong saat membutuhkan bantuan, dan sampaikan terima kasih atas kebaikan pasangan kita. Dengan menjaga pola ini, rumah tangga harmonis bukan lagi hal sulit. 

6. Jangan membandingkan pasangan

Tentu di dunia ini tidak ada pasangan yang sempurna, tetapi bukan menjadi alasan kita tuk membandingkan pasangan kita dengan yang lain. Bukankah tugas kita adalah menyempurkan kekurangan, bukan malah membandingkan? Jangan sekali-kali membandingkan pasangan kita dengan orang lain. 

7. Ringanlah tuk memberi apresiasi dan hadiah

Kawan, jangan pernah bosan tuk mengapresiasi pasangan kita, meski hal itu kecil. Misalnya, istri membuatkan masakan mie goreng dengan telur ceplok di atasnya. Apresiasilah dengan mengucapkan terima kasih, kecup keningnya, lalu peluk mesrah. Simpel kan? 

Selain itu, ringanlah tuk memberikan hadiah kepada pasangan, terutama suami ke istri. Ya tidak perlu sering-sering, misalnya 3 bulan sekali, atau spesial di hari ulang tahunnya.

Dan berbicara hadiah, kami punya tips khusus loh dalam memberikan hadiah ke istri di hari spesial ulang tahunnya. Tentu saja, memberikan hadiah ke istri tak boleh sembarangan. Nah agar hadiah suami menjadikan rumah tangga semakin awet, coba ikuti tips ini ya.

Hadiah Ulang Tahun Terbaik untuk Istri, Apa ya?

Mungkin saja tak lama lagi istri Kita akan merayakan ulang tahunnya yang kesekian. Bagi suami, momen spesial seperti ini tentu tak boleh dilewatkan begitu saja. Tak cukup hanya dengan memberi ucapan selamat maupun kecupan mesra, berikan juga hadiah ulang tahun yang akan membuat istri makin sayang pada Kita. 

Kira-kira apa yang pantas diberikan sebagai kado ulang tahun untuk istri? Kalau Kita kebingungan apa yang sebaiknya diberikan, coba ikuti tips berikut ini. Siapa tahu bisa memberikan pencerahan. 

1. Makanan favorit istri

Kalau istri Kita memiliki makanan kesukaan, coba pertimbangkan hal itu sebagai hadiah ultahnya. Misalnya saja, beberapa minggu lalu istri cerita mengenai enaknya empek-empek asli Palembang yang sudah lama tak dirasakannya. Itu bisa jadi isyarat kalau memang ia betul-betul menginginkannya. 

Apalagi kalau selama ini Kita mngetahui bahwa istri Kita memang suka banget makanan tersebut. Tapi mungkin karena tempat penjual makanan itu tidak satu daerah, maka sulit untuk memenuhinya.

Coba saja cek siapa tahu penjual makanan itu melayani order online. Atau jika tidak, Kita bisa cari teman atau kolega yang tinggal di kota tempat penjual makanan kesukaan istri Kita itu, lalu mintalah tolong padanya untuk membelikannya dan mengirimnya ke alamat Kita. 

2. Baju branded

Umumnya perempuan suka belanja baju baru. Apalagi kalau baju itu beremerk terkenal seperti Mango, New Look, Cotton On, atau Marks & Spencer. Baju-baju tersebut terkenal memiliki kualitas premium. Jadi akan nyaman dipakai dan menambah cantik penampilan.

Yang penting Kita membeli baju perempuan branded original. Karena di pasaran itu banyak yang menjual baju bermerk tapi palsu. Kita bisa coba tuk cari di website resmi baju bermerek yang selama ini dikenal sebagai pusat penjualan baju branded original. 

Nah, Kita bisa cari tahu apa kira-kira merek pakaian branded kesukaan istri. Kita bisa coba cek almari pakaian istri Kita dan periksa apa merek baju yang dominan di sana. Misalnya pakaian istri Kita ternyata banyak yang bermerk Marks and Spencer. Kita bisa coba cari pakaian tersebut dengan beli di toko atau online store terpercaya. 

3. Perhiasan

Aha, wanita mana yang tak suka dengan perhiasan? Rasanya tak ada. Semua wanita suka dengan perhiasan emas maupun permata. Baik yang berbentuk kalung, liontin, gelang, dan anting. Sebab memang sudah kodratnya jika wanita suka dengan perhiasan. Memakai perhiasan bisa membuat mereka terlihat lebih cantik dan menarik. 

Sebagai suami Kita bisa coba cari di toko perhiasan dan belikan itu sebagai kado ulang tahun terindah untuk istri Kita. Pastikan ukurannya memang pas agar nyaman saat digunakan istri Kita. 

4. Ajak liburan

Perempuan itu tak akan pernah menolak jika diajak bertamasya. Mereka akan selalu menjawab "ya ya ya" dengan mata yang berbinar-binar. Liburan ini bisa juga dijadikan sebagai hadiah ulang tahunnya. 

5. Kasih duit segepok

Kalau misalnya Kita bingung mau memberikan hadiah apa, cara paling praktis yang bisa Kita lakukan adalah berikan segepok uang padanya. Dan katakan,"biar mama pilih sendiri hadiah untuk ulang tahun mama, papa bingung. Ini uangnya." Pasti istri Kita akan riang gembira mendapat kucuran dana segar ini. Istri Kita bisa menggunakannya untuk berbelanja sepuasnya. 

Bagaimana? Sederhana sekali kan bagaimana kiat membangun rumah tangga yang harmonis sepanjang masa. Nah, semoga tulisan agak panjang ini bermanfaat ya, kawan.

Posting Komentar untuk "Tips Membangun Rumah Tangga Harmonis Sepanjang Masa"