Cara Cek Merek Dagang yang Sudah Terdaftar HAKI

Rahmania Blog - Cek merek dagang terdaftar merupakan prosedur penting yang harus dilakukan tepat sebelum mendaftarkan merek ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). langkah ini mengantisipasi mereka serupa telah ada dan digunakan orang lain. Cara cek merek dagang yang sudah terdaftar HAKI pun sangat mudah.

DJKI di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM membuat prosedur khusus sekaligus hak untuk menerima atau pun menolak pengajuan merek. Keputusan ini berdasar pada kesepakatan regulasi bersama terkait Hak Kekayaan Intelektual. Salah satu dasar penolakan adalah, terdapat nama serupa dengan merek yang sudah terdaftar.

Bagaimana Cara Cek Merek Dagang yang Sudah Terdaftar HAKI?

Pelaku usaha sebelum mendaftarkan mereka wajib melakukan penelusuran merek sebelumnya, agar menghindari nama serupa dan jelas berujung penolakan. Untuk memeriksanya berikut ini tahapnya:

  1. Kunjungi halaman website resmi DJKI pdki-indonesia.dgip.go.id, ini adalah pangkalan data resmi DJKI terdaftar di seluruh Indonesia
  2. Terdapat opsi jenis HAKI pada kolom di sebelah kiri, khusus merek pilih pada bagian teratas
  3. Ketik merek yang ingin didaftarkan pada kolom kosong tepat di sebelahnya
  4. Klik enter atau ikon pencarian tepat di sebelah kolom nama
  5. Seluruh merek serupa beserta kelas kategori akan muncul
  6. Jika nama yang diajukan tidak memiliki kesamaan maka proses pengajuan dapat dilakukan

Penelusuran ini bisa dilakukan secara gratis atau tanpa dikenakan biaya sedikitpun. Jika Anda ingin lebih memastikannya, cukup datangi kantor DJKI terdekat di wilayah Anda. Selain pencarian secara pribadi, Anda juga bisa menggunakan jasa konsultan Hak Kekayaan Intelektual.

Konsultan HKI merupakan lembaga yang khusus menangani keseluruhan proses pendaftaran HKI sekaligus orang yang paham mengenai aspek hukum yang mengikat di dalamnya. Dengan begitu, seluruh proses pendaftaran hingga penerimaan dapat langsung diselesaikan tanpa mengeluarkan lebih banyak tenaga dan waktu.

Mengenal HAKI dan Fungsinya

Bagi pelaku usaha yang memang baru terjun pada industri ini mungkin perlu mengetahui lebih dalam mengenai apa itu HAKI dan fungsinya. Kekayaan intelektual sebenarnya merupakan aset yang lahir dari olah pikir manusia itu sendiri. Pada aspek ini, pemerintah menilai hasil tersebut berhak untuk dilindungi karena menjadi identitas dan memiliki nilai yang sangat penting.

Produk maupun jasa yang telah dikenal dan memiliki nilai di mata masyarakat akan memiliki nilai jual yang amat tinggi. Jika seseorang menyalahgunakan maka akan merugikan pemilik sah merek tersebut. Inilah yang mendasari perlindungan hak kekayaan intelektual tak hanya merek namun juga cakupan lainnya seperti paten, hak cipta, desain industri dll.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai fungsi HKI berikut ini penjabarannya:

Perlindungan Hukum

Bentuk perlindungan hukum, penciptaan manusia harus memiliki perlindungan hukum yang kuat. Kekayaan intelektual punya nilai ekonomis yang amat tinggi sehingga wajib untuk dilindungi.

Mencegah Kecurangan

Menghindari sekaligus mencegah adanya risiko kecurangan oknum yang dengan sengaja menggunakan hak tersebut atas keperluan bisnis dan keuntungan pribadi tanpa persetujuan.

Meningkatkan Kompetisi

Meningkatkan kompetisi, khusus komersialisasi kekayaan intelektual tentu akan mendorong masyarakat serta pemikir lebih kreatif dan berinovasi. Semakin menarik inovasi yang dibuat maka semakin baik pula nilai mereka di mata masyarakat.

Bahan Penelitian

Bahan pertimbangan strategi penelitian. Aspek ini juga penting sebagai standar penelitian pada industri tertentu khususnya di Indonesia.

Itulah cara cek merek dagang sekaligus fungsi Hak Kekayaan Intelektual secara umum. Terlepas dari proses penelusuran, kita harus memahami ruang lingkup serta hal apa saja yang harus dihindari dalam proses pengajuan.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Merek Dagang yang Sudah Terdaftar HAKI"