Prosedur Pendaftaran Merek Melalui Jasa Pendaftaran Merek

Rahmania Blog - Merek merupakan bagian penting dalam berjalannya suatu usaha. Dengan merek, produk barang atau jasa memiliki nilai dan identitas sehingga dapat diakui keberadaannya oleh konsumen. Namun, Anda sebagai pelaku usaha jangan lupa untuk melakukan pendaftaran merek.

Pendaftaran merek merupakan hal penting agar merek Anda diakui secara sah oleh negara. Selain itu merek juga melindungi usaha Anda dari berbagai jeratan hukum.

Prosedur jasa pendaftaran merek dagang

Pendaftaran merek dapat dilakukan dengan tiga cara antara lain : 

  • Langsung Mendatangi Kantor Ditjen HKI (Hak Kekayaan Intelektual)
  • Melalui Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia R.1 di masing-masing daerah di Indonesia
  • Melalui Konsultan HKI.

Pendaftaran merek dengan bantuan jasa biasa dilakukan oleh konsultan HKI. Menurut Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang merek, konsultan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) merupakan seseorang yang memiliki kemampuan di bidang hak kekayaan intelektual yang secara khusus melayani bidang hak kekayaan intelektual seperti permohonan pendaftaran merek, pengajuan dan pengurusan permohonan pendaftaran paten, permohonan pendaftaran desain industri dan sebagainya. Konsultan HKI juga harus sudah terdaftar di Direktorat Jenderal.

Pendaftaran merek meliputi merek dagang maupun merek jasa harus dilakukan sendiri atau melalui kuasa. Kuasa adalah konsultan HKI yang diminta jasanya, bukan pihak lain. Jika Anda ingin mendaftarkan merek melalui broker yang bukan konsultan HKI maka hal tersebut tidak dapat dilakukan.

Segala hal yang menyangkut pendaftaran merek dan prosedur yang akan diproses harus dilakukan oleh Anda sendiri sebagai pelaku usaha atau melalui konsultan HKI. Apabila melanggar, maka Dirjen HKI akan mengirimkan surat keputusan penolakan permohonan pendaftaran merek.

Dengan pendaftaran merek melalui jasa konsultan HKI, maka segala urusan pendaftaran merek akan diurus oleh konsultan HKI, seperti hal surat menyurat dari dirjen HKI yang ditanda tangani oleh konsultan HKI pilihan Anda. Dengan konsultan HKI, maka apabila Dirjen HKI memberikan usulan penolakan pendaftaran merek, maka konsultan HKI dapat melakukan sanggahan, dengan cara memberikan surat keberatan penolakan pendaftaran merek,

Selain itu beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Konsultan HKI seperti mengajukan sanggahan apabila muncul oposisi pendaftaran merek, melakukan pengajuan banding, jika terdapat keputusan penolakan pendaftaran merek, dan juga melindungi merek Anda dengan mengajukan oposisi apabila terdapat merek yang memiliki persamaan namun telah disetujui pendaftarannya. Jika Anda ingin melisensi merek Anda, konsultan HKI dapat melakukan pencatatan perjanjian lisensi merek dengan Dirjen HKI.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftarkan Merek Dagang Atau Jasa Milik Anda

1. Jangan Gunakan Merek Yang Sudah Ada

Hal ini tentu merupakan hal paling penting dalam pendaftaran merek, karena tujuan pendaftaran merek adalah menghindari kesamaan merek dengan pelaku usaha lain. Hindari mendaftarkan merek yang memiliki persamaan secara pokok. Persamaan pokok adalah kemiripan yang muncul karena adanya unsur-unsur sama yang menonjol baik bentuk, penamaan, penulisan, dan pengucapan merek. Oleh karena itu Anda juga perlu mengecek merek yang ingin didaftarkan.

2. Jangan Abaikan Surat Dari Dirjen HKI

Selama proses pendaftaran merek, banyak hal yang harus dilalui, termasuk surat menyurat antara Dirjen HKI dengan konsultan HKI atau Anda sebagai pemilik merek. Tanggapi semua surat yang diberikan oleh Dirjen HKI demi kelancaran proses pendaftaran merek Anda.

3. Hindari Pendaftaran Merek Dengan Kata Umum

Dalam pendaftaran merek, Anda tidak boleh menggunakan merek yang sudah menjadi milik umum. Sebagai contoh, Anda mendaftarkan merek Anda yang memiliki logo gambar tengkorak dengan dua tulang bersilang. Gambar ini sudah dikenal secara umum sebagai lambing bahaya. Oleh karena itu pendaftaran merek tidak dapat diterima.

Itulah beberapa hal yang dilakukan oleh konsultan HKI sebagai penyedia jasa untuk pendaftaran merek. Bagi Anda yang ingin melakukan pendaftaran merek secara jelas, praktis dan mudah, anda bisa menggunakan jasa konsultan HKI.

Posting Komentar untuk "Prosedur Pendaftaran Merek Melalui Jasa Pendaftaran Merek"