6 Usaha Ibu Rumah Tangga yang Minim Modal

usaha ibu rumah tangga

Halo, Bunda! Masa pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM di tiap daerah, membuat ruang gerak menjadi terbatas. Bunda mungkin juga bingung ingin melakukan kegiatan apa di rumah. Salah satu kegiatan yang juga dapat menambah cuan adalah memulai sebuah bisnis atau usaha. 

Zaman yang berkembang tidak menutup kemungkinan para ibu rumah tangga untuk menjadi seorang entepreneur. Bunda juga tidak perlu khawatir soal modal, karena ada usaha ibu rumah tangga yang bisa dilakukan dengan modal kecil. 

Menurut Money Radar Blitar, Ada beberapa rekomendasi usaha sampingan yang bisa bunda lakukan mulai sekarang. Apa saja itu? Mari kita simak! 

Usaha Ibu Rumah Tangga Minim Modal, Banyak Cuan 

Menjadi Penulis Lepas 

Di era serba digital seperti saat ini, penulis memiliki peran yang sangat penting. Lihat saja setiap website, aplikasi, atau konten media sosial yang ada, semuanya membutuhkan konten tulisan. Apabila Bunda mempunyai kemampuan menulis, manfaatkan kesempatan ini untuk dijadikan usaha ibu rumah tangga yang akan mendatangkan cuan. 

Bunda bisa menawarkan jasa pada situs-situs freelance. Perbanyak portofolio dengan berbagai pengalaman, lalu bersiaplah menerima banyak tawaran menulis konten. Usaha ini juga bisa dilakukan dari rumah. 

Bisnis Kerajinan Tangan 

Bagi Bunda yang suka membuat keterampilan, kemampuan ini juga bisa dijadikan peluang besar untuk memulai bisnis, lho! Bunda bisa membuat mengolahnya dari barang bekas yang disulap menjadi kerajinan tangan yang berkualitas tinggi. 

Kerajinan tangan banyak diminati oleh pasar, karena bisa dijadikan kado wisuda, penghantar seserahan pernikahan, atau yang pernah tren kala lebaran lalu yaitu dibuat hampers atau parsel. Modal utama untuk melakukan usaha ini adalah kreativitas yang Bunda miliki dan akan terus berkembang seiring meningkatnya permintaan konsumen. 

Jasa Katering 

Bunda hobi memasak? Hobi tersebut bisa Bunda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis kuliner. Bisnis di bidang kuliner ini bisa Bunda lakukan dengan membuka jasa katering, mulai dari makanan berat untuk prasmanan, paket nasi boks, pesanan kue basah atau kering, dan lain-lain. 

Modal yang dibutuhkan tidak banyak karena tidak perlu menyewa tempat. Bunda bisa menggunakan dapur pribadi untuk memasak dan memanfaatkan lingkungan sekitar untuk mempromosikan jasa katering ini. Selain itu, Bunda juga bisa mempromosikan jasa katering Bunda melalui media sosial. 

Menjadi Dropshipper 

Maraknya e-commerce saat ini membuat orang-orang menjadi lebih mudah memulai bisnis hanya dengan bermodal smartphone dan jaringan internet. Hal ini juga bisa Bunda lakukan dengan menjadi dropshipper, yaitu penyalur barang dari distributor ke tangan para konsumen. 

Bunda bisa melihat tren yang sedang digandrungi oleh banyak orang, misal tren alat tulis sekolah berbentuk unik dan lucu. Kemudian, Bunda bisa tawarkan barang-barang tersebut kepada orang-orang di lingkungan sekitar, khususnya anak-anak yang masih dalam usia sekolah. 

Dropshipper biasanya mengambil barang dengan jumlah besar, sehingga harga barang yang didapat menjadi lebih murah dibandingkan dengan harga normal di pasaran. Jadi, Bunda tak perlu bingung untuk mengambil margin harga agar tetap sesuai dengan para pelanggan. 

Bisnis Tanaman 

Tren bisnis tanaman ini mulai berkembang lagi semenjak adanya pandemi yang mengharuskan kita melakukan kegiatan di rumah saja. Agar tidak bosan, maka orang-orang mulai berburu berbagai tanaman yang bisa diletakkan di rumah yang akan membuat tampilan rumah menjadi lebih segar dan nyaman untuk ditinggali. 

Nah, peluang ini bisa Bunda manfaatkan untuk memulai bisnis tanaman. Bisnis ini bisa dipasarkan secara online maupun offline store, dengan menjajakan tanaman hias klasik seperti lidah buaya atau yang tengah hits sekarang ini yaitu monstera atau dikenal dengan nama janda bolong. 

Bisnis ini bisa menjadi bisnis menjanjikan apabila diurus dengan telaten. Siapa tahu, Bunda bisa mendapat tawaran partai besar seperti kebutuhan dekorasi untuk restoran atau penginapan. Menarik bukan? 

Membuka Jasa Bimbingan Belajar di Rumah 

Banyak anak sekolah yang melakukan pembelajaran secara daring karena dampak dari penyebaran virus Covid-19, membuat para orang tua membutuhkan tenaga pengajar yang bisa membimbing anak-anak mereka untuk belajar. Usaha ini juga tidak membutuhkan modal banyak dan relatif mudah untuk dilakukan. 

Membuka usaha bimbel di rumah tidak terlalu menyita waktu karena jam belajarnya bisa diatur, sehingga Bunda tidak perlu khawatir urusan rumah akan terbengkalai. Nah agar sukses, pastikan kalian sudah menyusun business plan secara tepat. 

Demikian beberapa rekomendasi usaha ibu rumah tangga yang bisa Bunda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar untuk "6 Usaha Ibu Rumah Tangga yang Minim Modal "