Inilah Tips Membeli Emas 22 Karat untuk Investasi

Tips Membeli Emas 22 Karat

Rahmania Blog - Bagi Anda yang ingin berinvestasi menggunakan emas dalam jangka panjang, sangat penting untuk memiliki pengetahuan dasar tentang logam mulia satu ini, seperti kadar emas atau karat yang terkandung. 

Sebab, jika sampai salah memilih tipe emas yang hendak Anda jadikan sebagai komoditas investasi, bisa saja Anda mengalami kerugian. Inginnya untung, malah jadi buntung.

Emas memiliki beberapa karat seperti 22 karat, 23 karat, dan sebagainya. Karat mempunyai pengaruh pada kadar emas yang terkandung di dalam sebuah emas. Semakin tinggi jumlah karatnya, semakin besar pula persentase kandungan emasnya.

Untuk membeli emas, Anda juga harus menyediakan budget yang sesuai dengan kemampuan. Jangan membeli emas 24 karat kalau biaya yang Anda punya hanya cukup untuk membeli emas 22 karat.

Emas 22 karat memiliki harga yang tidak pasti, tergantung dengan situasi perekonomian dunia. Jenis emas satu ini biasanya mengandung komposisi 91,7% emas dan campuran bahan lainnya sebanyak 1,3%.

Karena tergantung dengan naik-turunnya ekonomi dunia, harga dari emas 22 karat juga dapat berubah dalam kurun waktu relatif cepat. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba berinvestasi menggunakan komoditas emas 22 karat, yuk intip artikel di bawah ini! 

Tips Membeli Emas 22 Karat Untuk Investasi 

Tentukan tujuan membeli emas

Sebelum membeli, tentukan terlebih dulu tujuan membeli emas tersebut. Anda bisa memilih emas yang berbentuk batangan atau koin jika ingin melakukan investasi. Sebab, emas jenis tersebut mempunyai nilai intrinsik relatif besar dari jenis lainnya.

Nilai jual emas perhiasan relatif lebih tinggi jika kondisinya masih terjaga dengan baik. Dan akan turun ketika kualitas emas juga menurun karena terlalu sering dipakai. 

Cek harga emas di pasaran

Untuk mengecek harga emas 22 karat terbaru di pasaran, Anda bisa membuka beberapa situs atau website yang menyediakan informasi mengenai harga emas terbaru. Biasanya, setiap website menampilkan harga yang berbeda.

Jika ingin mendapatkan informasi yang lebih akurat, coba kunjungi website antam yang informasi harga emasnya jauh lebih tepat akurat. 

Lokasi pembelian aman dan berkualitas

Nah, setelah tahu harga emasnya, alangkah baiknya Anda mencari lokasi pembelian emas yang tepat. Seperti di PT Pegadaian atau PT Antam.

Kualitas emas yang baik juga ditentukan dari toko yang memiliki reputasi bagus. Maka, pastikan lagi toko yang hendak Anda kunjungi untuk membeli emas telah memberikan rasa aman dan menawarkan produk emas yang berkualitas tinggi. Dengan membeli emas di tempat yang aman, maka Anda dapat terhindar dari penipuan pembelian emas. 

Kondisi emas

Ketika membeli emas 22 karat, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi emasnya. Apabila Anda menemukan emas yang memiliki noda hijau di bagian pori-porinya, segera tukar dengan emas yang berkondisi bagus. Karena, itu berarti emas belum dicuci dengan baik.

Jika Anda membeli emas dalam bentuk perhiasan, pastikan bentuknya masih bagus. Tidak ada goresan, cekungan, atau kecatatan lainnya di perhiasan emas tersebut.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan ketika membeli emas, yaitu pastikan emas yang Anda beli memiliki surat dan kuitansi dari pembayaran yang dilakukan. Simpan dokumen tersebut baik-baik, karena akan sangat dibutuhkan ketika Anda ingin menjual kembali emas tersebut suatu saat nanti.

Demikian beberapa tips membeli emas 22 karat yang dapat Anda jadikan sebagai komoditas investasi. Perhatikan dan ingat baik-baik tips yang telah dibahas agar Anda tidak menjadi salah satu korban penipuan pembelian emas. 

Sebab, emas adalah salah satu komoditas investasi dalam jangka panjang dan juga bisa dijual kembali dengan harga yang mahal ketika harga emas di pasaran sedang melambung tinggi. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk " Inilah Tips Membeli Emas 22 Karat untuk Investasi"